WOW! Aksi Dari Raider TNI AD Membuat Tentara Ranger AS Ini Kagum Dan Minta Berguru

Bukan rahasia lagi jika pasukan TNI yang dimiliki oleh Indonesia ini memang di akui akan ketangguhannya, seperti BeritaJempol.com kabarkan sebelumnya mengenai senjata andalan SPR 2 dari PT PINDAD yang bisa menembus tank baja hingga kekuatan pasukan lainnya tak henti-hentinya membuat kita bangga dengan Indonesia ini.

Nah, Kali ini kita akan bahas sedikit mengenai ketangguhan dari  pasukan khusus RAIDER yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat yang berada di bawah naungan Kodam Brawijaya, dimana aksi mereka pada beberapa waktu lalu saat melakukan latihan bersama pasukan Ranger Amerika Serikat dan membuat decak kagum pasukan tentara international tersebut.

Mungkin anda sudah mengenal pasukan Angkatan Darat Amerika Serikat (US Army) dari Resimen 2nd Stryker Pasukan Khusus Ranger dimana mereka mengadakan latihan bersama pasukan TNI Angkatan Darat Batalion Infanteri 411/Raider di Indonesia.

Sekedar gambaran bahwa pasukan US Ranger yang berlatih ini adalah pasukan yang dikirim dari Joint Base Lewis-Mchord. Dimana pasukan ini adalah pasukan yang paling banyak dikirim untuk bertempur di Afghanistan dan Irak, karena dianggap punya pengetahuan taktis terlengkap menghadapi perang gerilya kota maupun hutan. Sebagai catatan bahwa selama perang 8 tahun di Irak, anggota dari pasukan divisi Stryker yang tewas 'hanya' 42 prajurit. Maka dari itu batalion ini adalah pasukan yang paling terakhir ditarik dari medan tempur di Timur Tengah.

Baik kita lanjut lagi ke TNI, dalam latihan yang digelar di Hutan Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, itu digelar sebulan penuh. Seperti dilansir pada situ military.com. Bahwa para tentara AS sengaja datang jauh-jauh hanya untuk mempelajari taktik perang di daerah tropis.

Mereka tidak menyangka ternyata latihan survival yang di lakukan di tengah hutan Jatim itu sangatlah mengerikan dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pratu Juan Gonzalez (20 tahun) mengaku bahwa persiapan mereka di Negeri Paman Sam jadi kurang keras karena memang mengalami kesulitan berlatih di hutan indonesia. "Latihan yang mengerikan di kampung halaman tidak menggambarkan apa yang saya alami di Jawa Timur. Ada beberapa hal yang belum saya dapat. Misalnya bagaimana bila tiba-tiba berhadapan ular,".

Padahal ketika mereka mempersiapkan fisik dan strategi survive sebelum berangkat ke hutan di Indoneisa, mereka yang terdiri dari satu kompi pasukan Ranger ini dilatih bertahan hidup di Pegunungan Fort Irwin California yang sangat gahar itu selama sebulan penuh. Itu saja menurut mereka sudah berat sekali.

Nah, pada saat latihan bersama itulah , aksi-aksi dari para pasukan Raider TNI Angkatan Darat ini begitu memesona bagi Gonzalez. Menurut Juan Gonzales yang merupakan anggota pasukan elit Ranger US ini mereka terkesan sehingga mereka dapat pelajaran bagaimana bertahan hidup di hutan tropis yang serba lembab sehingga menguras energi. Termasuk membunuh dan menyantap hewan buas, contohnya ular tadi.

"Saya sangat takut ular. Saya tidak mau melakukannya lagi," Demikian pengakuan Juan sambil tergelak.
Pasukan Ranger AS mengakui hebatnya Raider Indonesia ini dalam menghemat tenaga. Secara fisik pun mereka mengakui ketangguhan para personel Angkatan Darat ini.

"Saya sangat kagum dengan pasukan Indonesia. Saya banyak mendapatkan ilmu baru," ujar Sersan Jeffrey Baldwin karena ia melihat efektifitas tempur dari pasukan RAIDER TNI yang memiliki motto "Cepat, Senyap, dan Tepat" ini.

Begitu berkesannya latihan bersama ini bagi mereka, karena mereka di hadapkan pada ganasnya hutan di sertai cuaca indonesia yang cepat berubah baik hujan, panas dan keganasan hewan buas sehingga harus mencari makan dan bertahan dengan sangat baik dan efektif.

Nah, pasukan elite dari luar negeri aja kagum dan hormat terhadap pasukan TNI kita, bagaimana dengan anda? Bangga bukan? 

SHARE dan LIKE artikel ini jika anda bangga dengan pasukan RAIDER kita ini.

Salam Indonesia Jaya..

Sumber : merdeka.com

23 Responses to "WOW! Aksi Dari Raider TNI AD Membuat Tentara Ranger AS Ini Kagum Dan Minta Berguru"

  1. Alangkah eloknya klau saja artikel2 spt ini merupakan cuplikan dari journalist negara lain, AS misalnya. Karena ini dibuat oleh journalist lokal kelihatan seolah olah kita menyombongkan diri atau memuji diri sendiri. Maaf ini pendapat saya. Kita tahu n yakin akan kemampuan TNI kita apalagi saya pun anak kolong. Pernah ada komen hebat yg sy baca ttg Marinir kita yg melakukan terjun kelaut dg tank amphibi nya yg ditulis oleh journalist asing yg mereka sendiri tdk percaya kalau tank tersebut buatan negaranya. Tk terasa hampir menetes air mata membacanya krn terharu n bangga! Bravo TNI!

    BalasHapus
  2. Jgn mau tertipu sgn pujiaan it krn semua hanya semu....salah satu keahliaan selama ini yg tdk dapat d kalahkan oleh negara lain adlh perang gerilya indonesia oleh karena amerika khusus nya ingin mengetahui bentuk dan strategi dr perang itu agar dapat mengalahkan tentara kita nanti nya....apess btullll salah satu taktik perang yg handal harus d bagi2 ke negara adidaya sperti amerika

    BalasHapus
  3. mungkin pihak amerika cuma merendah, jangan terbuai sama pujian oiii, amerika pura2 bego, pura2 kagum, alesan buat nyuri ilmu, kelemahan indo emang kyk gini, slalu terbuai sama pujian, terbuai sama kebaikan, inget apa yang amerika lakukan saat jaman pak harto coy, jaman skrg mana ada perang konvensional, / perang hutan squint emotikon

    BalasHapus
  4. Sampai kiamat amerika tidak akan pernah menyerang INDONESIA..
    Sejatinya nanti yang akan menyerang negara ini adalah.. Bangsa kita sendiri..
    Tidak percaya ! Lihat 20th kedepan. Akan seperti apa indonesia..
    Indonesia sdh di kenal kok sama negara luar. Bukti yg pernah saya tanyakan adalah waktu saya ke kanada berdiskusi tentang pasukan terhebat versi sharing kawan yg berbeda negara.. Yg pastinya pada mengakui negara sendirinya yg hebat.. Tapi ada dr teman sy casmir. Sebut saja namanya. Dia berasal dari orang serbia. Kita tau serbia seperti apa!!
    Dia cuma kasih 4 negara yg hebat dlm berperang. licik.gesit dan mistik
    1. RUSIA
    2. Negara redwhite ( amerika )
    3. iran
    4. korea

    Dan yg sedang menyusul ada 5

    1. Turki
    2.amerika
    3. Israel
    4. Japan
    5.China
    ..............

    BalasHapus
    Balasan
    1. TNI paling mahir perang tanpa senjata dan tak punya rasa takut pada musuh negara,yang paling di takuti TNI hanya Tuhannya

      Hapus
  5. Bangga si bangga, tp setelah mendengar alasan rider amrik takut ma ular, sepertinya mereka merendah aj...emang satpam gk pernah melihat atau berhadapan dgn ular... aneh aj ...seorang rider gt...

    BalasHapus
  6. Tenang mas bro semua kemampuan TNI kita bukan sebatas di situ masih banyak kelebihan lainnya hutan yang ada di Indonesia tidak hanya satu yang lain lebih xtreeme itu mungkin sebagian segelintir latihan ringan bagi TNI kita

    BalasHapus
  7. Ea sangat setuju sekli dg mas hardi... Jgn terlalu bangga.. Bukan mksd memihak amerika... Namun hrus nya TNI hrus berhati2,, kita tw bahwa walau pun mereka tak mempelari taktik tentra kita wlw pun kita nanti nya diserang... Pasti dg berbagai cara mereka lakukan... Sbnernya smua ini kita bsa pelajari dri peristiwa2 perang yg dilaku kan amerika... Saat berhadapan dengan jepang wktu perang dunia 2,, perang irak.. Perang afganistan,, perang vietnam dan msi bnyak lgi...mereka dg berbagai cara menghancur kan negara itu... Contoh khusus perang vietnam mereka memakai bom2 kimia kehutan2 dmna tentra vientam yang slalu bersembunyi dihutan mereka... Tw kah anda efek dri bom mereka??? Bnyk trjdi korban dri sipil yang menjdi cacat permanen akibat bom kimia mereka. (amerika) ap kita sanggup bila trjdi dinegara kita nanti nya?? Semoga kita bisa sma2 belajar dri semua peristiwa dr negara2 korban perang amerika..

    BalasHapus
  8. Sip.. setuju juga sama semua.. yg penting tetap waspada..

    BalasHapus
  9. NKRI harga mati , TNI juga gak kan konyol untuk mengajarkan tak tik /trik perang yang sesungguh ya , kita terbukti 350 sekian tahun di jajah dan tidak kalah , hanya saja kita harus punya jiwa cinta negara untuk memperkokoh negara biar gak di jajah sama orang kita sendiri , l love nkri , l love tni , good job ,

    BalasHapus
  10. Berlebihan...
    Masih ingat perang di timor2, pasukan kita meninggal 3000 orang. Mreka hanya 300 orang.
    Kta boleh bangga asal dgn kelebihan kita, tpi bukan krena bangga dgn pujian org asing yg mencoba mmpelajari taktik gerilya di hutan rimba. Klau itu sdh dipahami olh mreka, mka disitulah titik lemahnya kita. Krna pda saatnya saatnya nnti akan menjadi BOOMERANG BUAT KITA SENDIRI..!!

    BalasHapus
  11. yupz raider emng jgo2 lbih2 soal tnam benih diderah komflik cntoh diaceh dlu emng jgonya raider bnyak ank haram bnyak yang dinodai

    BalasHapus
  12. Emng jgo nmnanya jga raider..pa lgi soal menanam benih didaerah kmflik itu trmsuk slah stu brtahan kturnan cnth di aceh bnyak pr aceh dinodai oleh oknum2 raider.

    BalasHapus
  13. Jagonya di hutan Situbondo, coba ke Papua hilang tu jejak TNI.

    BalasHapus
  14. Menurut saya terjadi satu kejanggalan,dalam beberapa waktu terakir sungguh banyak artikel maupun berita yang mengemukakan prajurit tentara indonesia,perlunya kehati hatian dalam sepeeti ini,mungkin saja ini salah satu cara negara lain mencari tahu kelemahan kita,semoga ini bukan lah salah satu cara asing untuk menjatuhkan kita,mari kita lebih waspada dan berhati hati,semoga TNI tidak mengeluarkan semua taktik jitu,sehingga semua kekuatan tidak diketahui lawan,bukannya menganggap amerika musuh tapi mengganggap mereka teman juga hal yang tak perlu dilakukan

    BalasHapus
  15. hanya satu senjata yg kita miliki yg paling d takuti dunia yaitu semangat persatuan dan kesatuan.....

    BalasHapus
  16. Semoga yg terbaik aja buat indonesia

    BalasHapus
  17. Btl hati2 stategi militer itu ibarat dokumen benteng negara kenapa harus di pamerkan ke negara lain padahal indonesia banyak kekayaan alam jangan mudah terkena pujian lalu lupa sampe benyeng negara pun cara pelatihan setrategi nya pun di beberkan padahal itu termasuk dokumen negara apa udah pada lupa

    BalasHapus