WASPADA! Jika Anak Anda Sering Menggunakan Gadget, Ini Akibatnya..

Sudah sangat susah jika mencari anak-anak pada saat ini melakukan kegiatan atau permainan pada saat zaman kita masih kecil dulu seperti gobak sodor, ular naga, petak umpet, boi-boian, bekelan, gasing, dham-dhaman dan lainnya.

Hal ini karena sudah tergerus oleh dahsyatnya technology yang memberikan efek luar biasa terhadap anak. Salah satu dari akibat melek technology pada saat ini yaitu dengan ada nya gadget di mana hal itu paling digemari anak-anak zaman sekarang.

Mereka lebih asyik menghabiskan waktu dengan “seorang” gadget ketimbang bermain di luar rumah bersama teman sebaya agar bisa mengasah lebih baik terhadap kemampuan motorik kasar anak tersebut karena banyak ditemukan anak-anak yang motorik halus dan kasarnya sangat lemah.

Ilustrasi
Conatoh yang paling sederhana yaitu anak-anak tidak bisa menggunakan alat tulis pensil, "Tangan anak-anak menjadi lemah sehingga tidak bisa menggunakan pensil. Tulisan tangan mereka pun sangat buruk. Hal ini diakibatkan karena terlalu banyak menggunakan perangkat digital" , Dalam pendapat dari kepala sekolah di inggris yaitu Bob Drew mengutarakan bahwa kebanyakan anak sekolah yang berumur empat tahun memiliki bagian tubuh atas yang lemah penyebabnya yaitu akibat jarangnya melakukan aktifitas fisik mereka.

Kasus-kasus seperti di atas tadi telah terjadi dalam jangka waktu beberapa tahun terakhir ini dimana para ayah dan ibunya lebih senang jika anaknya pintar bermain gadget daripada bermain beraktifitas di luar rumah.

Karena para orang tua ini menganggap bahwa dengan adanya program aplikasi edukatif yang terdapat di dalam gadget bisa membantu anak menjadi lebih cerdas dan pintar, namun kebanyakan para ayah ibu ini tidak menyadari akan hal kebiasaan bermain dengan gadget itu dapat menghambat perkembangan fisik dari anak tersebut.

Baca Juga : WADUH!! Awas Pembalut Yang Anda Gunakan Mengandung Pemutih, Ini cara Mengetahuinya

Dampak lain yang akan terjadi jika anak terlalu asyik dengan gadget sedari bayi maka salah satunya akan mengakibatkan kemampuan berbahasa yang kurang lancar atau cadel.

Untuk menanggulangi akan hal di atas tadi, alangkah baiknya jika para orang tua selalu memperhatilan faktor balancing terhadap ketergantungan gadget bagi anak, misal di imbangi dengan kegiatan permainan yang menguras keringat supaya anak-anak bisa tumbuh secara baik dari fisik dan otaknya.

Yuk sekali-kali ajak anak anda hiking, atau camping di daerah sejuk dengan pemandangan alami yang segar agar tercipta kemampuan anak yang lebih baik lagi, selain itu juga dapat lebih mempererat hubungan keluarga anda.

Semoga bermanfaat..

0 Response to "WASPADA! Jika Anak Anda Sering Menggunakan Gadget, Ini Akibatnya.."

Posting Komentar